0
Dikirim pada 24 April 2018 di Uncategories

Sumberarticles - Pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan bacaan sholat, tepatnya bacaan sholat tahiyat awal dan tahiyat akhir atau sering disebut juga dengan sebutan duduk tasyahud awal dan tasyahud akhir, Dan kami akan jelaskan pula hadits yang dikutip dari Kitab Fiqh Islam, mungkin barangkali ada dari saudara yang penasaran kalo saya selaku pem publish mendapatkan sumber dari mana, saya mengutip bacaan ini dari kitab fasholatan dan untuk hadits sebenarnya dari kitab fasholatan pun ada namun kurang lengkap jadi saya masukan beberapa hadits dari kitab lain seperti yang sudah saya sebutkan di atas, sampai disini sudah jelas ya, seterusya mari kita lanjutkan pembahasannya http://www.sumberarticles.com/2018/03/bacaan-tahiyat-awal-dan-tahiyat-akhir.html

sumberarticles-com
 

Kapan kah tahiyat awal dan tahiyat akhir dibacakan pada saat sholat..? Jika sobat sumberarticles menjalankan sholat 4 rakaat maka tahiyat awal dibaca pada rakaat kedua, sedangkan tahiyat akhir dibaca pada rakaat ke 4.

Jika sobat kajian muslim menjalankan sholat dengan 3 rakaat, maka tahiyat wal di baca pada rakaat ke 2 dan tahiyat akhir dibaca pada rakaat ke 3.

Jika sobat kajian muslim melaksanakan sholat 2 rakaat, maka tahiyat awal pada rakaat kedua tidak perlu sobat baca, artinya pada rakaat ke 2 ini sobat langsung membaca bacaan tahyiat akhir/tasyahud akhir, sampai disini saya harap untuk sobat yang masih awam bisa memahami dengan tulisan yang saya tuliskan di atas, untuk selanjutnya langsung saja kita simak bacaan tahiyat awaldan tahiyat akhir berikut ini.

Bacaan Tasyahud awal/Tahiyat awal
Tahiyat awal
Tahiyat awal
AT'TAHIYYAATUL MUBAARAKAATUSH SHALAWAATUTH THOYYIBAATULILLAAH. AS-SALAAMU'ALAIKA AYYUHANNABIYYU WA RAHMATULLAAHI WABARAKAATUH, ASSALAAMU'ALAINA WA'ALAA IBAADILLAAHISHAALIHIIN. ASYHADUALLAA ILAAHA ILLALLAAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH. ALLAAHUMMA SHALLI'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD.
ARTNYA:
Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya allah. keselamatan atas engkau wahai nabi muhammad, demikian pula rahmat engkau dan berkahnya. keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba allah yang shaleh - shaleh.
aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan allah. dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad adalah utusan allah. ya allah! limpahilah rahmatmu kepada nabi muhammad.

Nah itulah bacaan tasyahud awal insya allah teman-teman disini akan mudah untuk menghafalkannya sedikit kemauandan berusaha, baiklah teman-teman mari kita lanjutkan pembahasan berikunya yaitu tahiyat atau tasyahud akhir, tasyahud akhir ini bacaan nya cukup panjang, namun setengan dari bacaan seterusnya hanya melanjutkan bacaan dari tahiyat awal yang ada di atas, jadi jika sudah hafal tahiyat awal maka tidak akan terlalu sulit, baiklah mari kita bersama-sama mempelajari bacaan tahiyat akhir berikut ini.

Bacaan Tasyahud akhir/Tahiyat akhir
Tahiyat akhir
Tahiyat akhir
AT'TAHIYYAATUL MUBAARAKAATUSH SHALAWAATUTH THOYYIBAATULILLAAH. AS-SALAAMU'ALAIKA AYYUHANNABIYYU WA RAHMATULLAAHI WABARAKAATUH, ASSALAAMU'ALAINA WA'ALAA IBAADILLAAHISHAALIHIIN. ASYHADUALLAA ILAAHA ILLALLAAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH. ALLAAHUMMA SHALLI'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD.
WA'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD.
KAMAA SHALLAITA ALAA SAYYIDINA IBROOHIIM WA ALAA AALI SAYYIDINA IBROOHIIM. WABAARIK'ALAA SAYYIDINA MUHAMMAD WA ALAA AALI SAYYIDINA MUHAMMAD. KAMAA BAARAKTA ALAA SAYYIDINA IBROOHIIM WA ALAA AALI SAYYIDINAA IBRAAHIIM FIL'AALAMIINA INNAKA HAMIIDUM MAJIID.

ARTINYA:
Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya allah. keselamatan atas engkau wahai nabi muhammad, demikian pula rahmat engkau dan berkahnya. keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba allah yang shaleh - shaleh. aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan allah. dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad adalah utusan allah. ya allah! limpahilah rahmatmu kepada nabi muhammad.
ya allah! limpahilah rahmat atas keluarga nabi muhammad.
sebagai mana telah engkau beri rahmat kepada nabi ibrohim dan keluarganya.
dan limpahilah berkah atas nabi muhammad beserta para keluarganya. sebagaimana engkau telah memberi berkah kepada nabi ibroohiim dan keluarganya. bahwasanya engkau tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.


Allhamdulilah bacaan tahiyat awal dan tahiyat akhir ini sudah selesai, untuk sobat yang baru menghafal bacaan ini mudah mudahan apa yang kami bagikan disini dapat dengan mudah dimengerti dan di fahami, dan semoga semua inijuga dapat menjadikan amal ibadah bagi kita semua, untuk penulisan artikel kali ini saya cukupkan sampai disini.

HADITS

Ada tambahan sedikit yaitu haditsnya, sabda dari rasululloh saw, mengenai bacaan sholawat dari tahiyat akhir, marikita simak besama-sama pembahasannya di bawah ini.

Hadits tahiyat akhir
Hadits
Dari ibnu mas'ud, dari nabi saw, "Apabila salah seorang di antara kamu telah membaca tasyahud dalam shalat, hendaklah ia membaca allahuma salli.... (shalawat) sampai akhir."(Riwayat baihaqi dan Hakim).

Nah itulah hadits tentang bacaan sholawat yang ada pada tasyahud akhir, sebenarnya hadistnya masih banyak mungkin admin akan mengupdatenya dilain waktu sampai disini dulu penulisan artikel kali ini, mohon maaf bila ada kesalahan kata atau ucap dari kata pengantar di atas, akhirkata saya ucapkan wasallam.



Dikirim pada 24 April 2018 di Uncategories
comments powered by Disqus
Profile

saya adalah orang yang senang berbagi pengalaman... More About me

Page
Categories
BlogRoll
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 5.156 kali


connect with ABATASA